Pesona Air Terjun Dherbusen

Air Terjun Dherbusen

Anak Air Terjun Dherbusen

Mangli Wetan adalah satu dari sembilan desa di kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso. Terletak di kaki Gunung Ijen, sekitar 20 menit dari pusat kota Bondowoso… Desa Mangli Wetan merupakan penghasil tebu yang sebagian besar warganya berprofesi sebagai petani tebu. Namun tahukah anda? Selain ladang tebu yang luas, desa Mangli Wetan ternyata juga memiliki berbagai pemandangan alam. Sayang, banyak dari ‘keindahan’ ini belum sepenuhnya meluas dikalangan masyarakat luar desa Mangli Wetan.

Salah satu ‘keindahan’ Mangli Wetan yang belum terekspos masyarakat luar adalah air terjun Dherbusen. Air terjun Dherbusen memiliki tinggi sekitar 4 meter dan dikelilingi oleh beberapa anak air terjun. Lokasi air terjun Dherbusen ini berada di dusun Antokan, tepat 3km dari balai desa Mangli Wetan. Meski terletak sedikit jauh dari balai desa Mangli Wetan, lokasi air terjun Dherbusen ini tidaklah sulit ditemukan karena dekat dengan permukiman warga. Ditambah lagi akses menuju lokasi tergolong mudah. Dari pemukiman warga, anda hanya perlu berjalan melalui jalan setapak yang di kanan kirinya terdapat tumbuhan tebu dan kebun. Tidak sampai 10 menit perjalanan dan taraaa! Anda sudah sampai di lokasi tempat air terjun Dherbusen berada.

Pemandangan yang indah, dinginnya air, udara sejuk yang terasa dari percikan air serta pemandangan alam di sekitar air terjun yang masih belum terjamah dijamin akan mampu memanjakan mata anda. Suara burung – burung dan gemercik air di sekitar lokasi akan turut menambah ketenangan, melepas kepenatan padatnya aktivitas harian. Bosen jika diam aja disana ngga ada aktivitas lain selain menikmati pemandangan? Tenang, jika kalian hobi memancing, direkomendasikan untuk membawa peralatan pancing karena di ‘kolam’ air terjun Dherbusen punya banyak ikan untuk dibawa pulang. Primadona spot memancing warga memang. Tak ada ikan, jodoh sapa tahu bisa dibawa pulang.

Penasaran dengan air terjun Dherbusen? Bagi kalian yang penasaran dengan air terjun Dherbusen ini silahkan berkunjung ke desa Mangli Wetan. Sampai saat ini lokasi masih bebas dari retribusi dalam bentuk apaapun. Jadi, cukup dengan modal bahan bakar kendaraan, pasangan (kalau ngga punya, temen aja deh yang dibawa) kalian sudah bisa menikmati kenyamanan air terjun Dherbusen. Lupakan sejenak hiruk pikuk kehidupan kota dan nikmati indahnya alam Desa Mangli Wetan.